CINTA TANAH AIR

25 Februari 2010 wika1989

Dewasa ini telah terjadi perubahan-perubahan yang sangat pesat dan luas di seluruh dunia sebagai akibat adanya kemajuan daya nalar/ pikir manusia perubahan-perubahan yang dinamis itu dapat dirasakan dalam derap pembangunan nasional, hal itu akan mempengaruhi aspirasi/ pendapat, cara berpikir dan sikap atau perbuatan manusia.
Perubahan sosial dan budaya akan menghasilkan perubahan tata nilai, tetapi karena tata nilai baru belum melembaga sementara tata nilai lama mulai di tinggalkan, maka timbulah berbagai gejolak, ketidak pastian, rasa cemas dan kegelisahan.
Untuk menghadapi perubahan-perubahan itu, bangsa Indonesia harus makin memantapkan kesetiaan kepada pancasila dengan cara menghayati mengamalkannya dalam segala bidang kehidupan ( ekonomi, sosial budaya, dll).
Kehidupan tanpa mengenal ketuhanan yang esa mengakibatkan mereka kehilangan nilai-nilai etika, moral, dan spiritual tanpa kemanusiaan yang adil dan beradab, kemajuan bidang ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi justru akan memerosokkan nilai-nilai kemanusiaan ke dalam tempat yang rendah tanpa nilai persatuan dan kesatuan dapat disaksikan bangsa-bangsa mengalami perpecahan dari dalam misalnya permusuhan antar suku bangsa antar agama atau ras.
Nilai-nilai sila pancasila mempunyai nilai yang bersifat Subyektif, karena nilai-nilai pancasila merupakan hasil pemikiran bangsa Indonesia itu sendiri dan nilai Obyektif karena nilai-nilai pancasila sesuai dengan kenyataan umum/ universal.
Adapun cinta tanah air merupakan wujud pengalaman sila III yaitu persatuan Indonesia.
Perwujudan rasa persatuan dan cinta tanah air harus kita laksanakan di lingkungan, keluarga, sekolah, tempat tinggal kita, dan di manapun kita berada.
Dalam perwujudan keutuhan dan kebersamaan agar tercapai kebahagiaan lahir batin, di sekolah, perwujudan rasa persatuan dan cinta tanah air dapat kita wujudkan/ amalkan melalui kegiatan OSIS, UKS, PMR, PRAMUKA, dsb,. Kegiatan tersebut dapat berupa gerakan penghijauan, kebersihan, karyawisata, upacara bendera, dll.
Sebagai generasi penerus bangsa hendaknya kita dapat mewujudkan sikap dan tingkah laku yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat yang merugikan diri sendiri atau masyarakat misalnya dengan cara menjauhi diri dari pengaruh narkotika, obat-obatan terlarang, minuman keras, dan perkelahian karena hal itu dapat menghancurkan masa depan bangsa dan negara.
Mari kita jaga keutuhan negeri ini dengan lebih mencintai tanah air kita dengan sepenuh hati kita.

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Februari 2010
S S R K J S M
« Jan   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: